Bahasa pemrograman pertama kali diciptakan sebelum munculnya komputer modern, dan masih berbentuk kode. pada awal kemunculannya, yaitu sekitar tahun 1842-1843, bahasa pemrograman masih berupa bahasa mesin (machine language). Bahasa mesin merupakan bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa pemrograman komputer dan hanya berupa 0 dan 1.
Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi para programer mulai mengahadapi masalah dengan bahasa mesin, karena selain sulit dibuat dan dibaca juga akan sulit memperbaiki bila terjadi kesalahan coding. Sekitar tahun 1940an diciptakanlah bahasa assembly (Assembly language). Bahasa assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly. Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk pengurangan, dan lain-lain.
Penggunaan bahasa Asembly dirasa belum sempurna karena selain sulit untuk diimplementasikan, ternyata bahasa ini juga sulit jika sang programer ingin mengembangkan program buatannya. Kemudian pada tahun 1950-1960 dibuatlah Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) atau bahasa pemrograman modern, bahasa ini menggunakan istilah atau frase-frase yang dekat dengan bahasa manusia, sehingga musah untuk ditulis. Hingga saat ini kita menggunakan bahasa tingkat tinggi.
Dalam perkembangannya Bahasa Tingkat Tinggi juga terdiri dari beberapa metode pemrograman, yaitu Procedural Programing dan Object Oriented Programing. LEtak perbedaannya yaitu, jika pada procedural programing program dijalankan dengan menggabungkan variable, procedure-procedure yang saling keterkaitan dan berjalan berurut, sedangkan pada OOP seluruh task dijalankan berdasarkan kedalam object.
Bahasa pemrograman yang menggunakan metode procedural programing diantaranya:
* Ada
* ALGOL
* BASIC
* C
* ColdFusion
* COBOL
* Component Pascal
* D
* ECMAScript (e.g., ActionScript, DMDScript, JavaScript, JScript)
* Forth
* Fortran
* F
* Lasso
* Linoleum
* Maple
* Mathematica
* MATLAB
* Modula-2
* Oberon (Oberon-1 and Oberon-2)
* Occam
* M
* Neko
* Pascal
* Perl
* PHP
* Pike
* PL/C
* Python
* PL/I
* Rapira
* RPG
* Tcl
* VBScript
Bahasa pemrograman yang menggunakan metode Object Oriented programing diantaranya:
* Java
* JavaScript
* SmallTalk
* C++
* MATLAB
KELEBIHAN, KELEMAHAN DAN APLIKASI 10 BAHASA PEMROGRAMAN
Author: mas toyman | Categories: Kuliah, Pemrograman |
A. Bahasa C
1. Sejarah
Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C yang diciptakan oleh Dennis Ricthie & W. Kerninghan tahun 1972 di Bell Telephone Laboratories Inc. (Sekarang adalah AT & T Bell Laboratories)
2. Aplikasi bahasa C :
Bahasa C pertama kali digunakan di Computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX.
Bahasa C juga digunakan untuk menyusun operasi Linux
Banyak bahasa pemrogaman popular seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar mirip bahasa C.
3. Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C
Kelebihan Bahasa C
Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer
Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksible untuk semua jenis computer
Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci
Proses executable program bahasa C lebih cepat
Dukungan pustaka yang banyak
C adalah bahasa yang terstruktur
Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah
Kekurangan Bahasa C
Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai
Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer
B. Bahasa Java
1.Sejarah
Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk dan memperluas pasar Sun. Oak didesain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasarkan Sun dengan fasilitas Graphical User Interface.
Ternyata *7 tidak pernah dipasarkan dan secara kebetulan Sun membentuk suatu perusahaan yang disebut Firstperson untuk mengembangkan *7 dalam bentuk TV set-top boxes untuk televisi interaktif. Karena persaingan begitu ketat akhirnya prospek TV interaktif menurun dan akhirnya Oak tidak laku di pasaran. Akan tetapi FirstPerson dan Oak mengalami kegagalan. bermunculan para perintis internet khususnya World Wide Web seperti Netscape membuat software yang memungkinkan terjadinya koneksi antara internet dengan www. Sun akhirnya menyadari bahwa Oak memiliki kemungkinan besar untuk membuat jalur akses ke dunia web. Tidak lamam kemudian Oak diluncurkan di Internet dengan nama baru yaitu, Java
Sekarang, java masih dalam taraf pengembangan dan sudah mempengaruhi arah pemrogaman computer dan internet. Bahasa pemrogaman Java dirilis secara gratis di Internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard pemrogaman web.
2. Aplikasi Bahasa Java
Pemrograman jaringan
Pembuatan aplikasi berbasis windows
Program untuk membuat web
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Bahasa Java:
Sederhana dan ampuh, java menyediakan sarana untuk membuat program (applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat menggunakan applet kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di jaringan.
Aman, java dirancang dengan konsep keamanan internet.
Berorientasi objek, java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
Kokoh, java membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.
Interaktif, java dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.
Netral terhadap berbagai arsitektur, java mampu berjalan dalam platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
Terinterpretasi dan berkinerja tinggi, java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut java code byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki java interpreter dan java virtual machine.
Mudah dipelajari karena bersifat sederhana
Mendukung koneksi ke database
Kekurangan bahasa Java :
Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
Implementasi J2ME tidak global. Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
Java memakan banyak memori computer
Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat disbanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.
C. Bahasa Pascal
1. Sejarah
Pascal dibuat pertama kali oleh Prof. Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. pascal berasal dari nama matematikawan yaitu Blaise Pascal. Pascal digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.
2. Aplikasi Bahasa Pascal
Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Delphi (berbasis windows)
Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Kylix (berbasis Linux)
3. Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan bahasa pascal :
Tipe data standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia bahasa pemrogaman. Pascal memiliki tipe data standar Boolean, integer, char, real, string.
User defined data types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain format yang ditentukan.
Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedur dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
Sederhana dan ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Kekurangan bahasa pascal :
Versi awal Pascal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan basisdata yang terbatas.
Sintaks Pascal terlalu bertele-tele
Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek
Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.
D. Bahasa PHP
1. Sejarah
PHP adalah bahasa pemrogaman web atau scripting language yang didesain untuk web. PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdford untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya pada akhir tahun 1994. PHP terus berkembang dari PHP 1 yang ditulis ulang Rasmus dalam bahasa C pada tahun 1995 sampai PHP 4 yang diluncurkan tanggal 22 Mei 2000.
2. Aplikasi Bahasa PHP
PHP digunakan sebagai landasan operasi pada pemrogaman jaringan berbasis web
PHP digunakan juga untuk pemrogaman database.
PHP digunakan untuk membuat aplikasi web
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
PHP menjadi popular karena kesederhanaannya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi web seperti counter, system artikel/ CMS, e-commerce, bulletin board, dll
PHP adalah salah satu bahasa server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web.
PHP termasuk dalam Open Source Product dan telah mencapai versi 4.
Aplikasi PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat disbanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web
Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux
Sintaks mirip C dan mudah dipelajari
Komunitas yang ramai dan saling membantu, seperti di diskusiweb.com, phpbuilder.com, phpindo.com, dll
Berbagai script atau aplikasi yang gratis telah tersedia.
Kekurangan :
Tidak detail untuk pengembangan skala besar
Tidak memiliki system pemrogaman berorientasi objek yang sesungguhnya
Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic dengan baik
PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrogaman dan kurang memperhatikan isu konfigurasi PHP.
Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend
E. Bahasa Ruby
1. Sejarah
Ruby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton.
Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkotribusikan Ruby.
2. Aplikasi bahasa ruby
Implementasi besar Ruby pada JRuby dan Rubinius
Ruby dapat diterapkan pada teknologi Asynchronous JavaScript dan XML (AJAX).
Ruby on Rails untuk membuat framework web
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
Sintaks sederhana
Memiliki Exception Handling yang baik
OOP
Single inheritance
Didukung oleh OS Linux, Windows, MacOS X, OS/2, BeOs, dan Unix.
Merupakan bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek
Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori
Kelemahan :
Multithreading. Implementasi thread di ruby masih berupa green thread, bukan native thread. Hal ini membuat aplikasi GUI (desktop) dengan background thread tidak mungkin diimplementasikan di ruby.
Virtual Memory, ruby masih fully interpreted sehingga program ruby cenderung lebih lambat.
Spek. saat ini spesifikasi ruby (syntax, behaviour, dll) adalah implementasi ruby yang asli dari matz.
IDE. Saat ini kualitas IDE untuk ruby masih jauh daripada .net dan java. Tapi dengan bermunculnya IDE ruby yang dibuat dengan java.net, kondisinya agak berubah. Tapi karena ruby bahasa yang sangat dinamis, sulit untuk bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai struktur sebuah program ruby secara statis.
F. Bahasa PROLOG
1. Sejarah
Prolog (Programmation en logique) adalah bahasa pemrograman logika atau bahasa non-prosedural. Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman untuk aplikasi kecerdasan buatan. Bahasa ini menjadi popular semenjak Jepang mengumumkan pada tahun 1981 bahwa jepang akan menggunakannya sebagai basis computer “generasi kelima”.
2. Aplikasi bahasa prolog
Bahasa pemrograman Artificial Intellegence dan robot
Bahasa pemrograman computer generasi kelima
PROLOG banyak digunakan dalam aplikasi pembuatan bahasa alami, penulisan compiler, penambahan ilmu pada sistem pakar dan purwarupa (prototype) perangkat lunak.
Bagus untuk menulis sistem pakar dan knowledge based system.
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, Basic, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.
Melakukan komputasi rumit pada data yang kompleks.
Mengekpresikan algoritma dengan baik.
Mengalokasikan memori secara dinamis sehingga programmer tidak harus mendeklarasikan ukuran sebuah struktur data sebelum membuatnya.
Mengembangkan dan memodifikasi dirinya sendiri sehingga sebuah program dapat “belajar” melalui informasi yang didapat selama program dijalankan
PROLOG mempunyai Automated Reasoning Procedure (Prosedur Sebab-Akibat Otomatis) yang disebut Inference Engine (Inference = proses pengambilan kesimpulan) yang sudah built-in didalamnya. Akibatnya, program yang menggunakan logika sebab-akibat jadi lebih mudah ditulis dalam PROLOG.
Kekurangan :
Pemborosan dalam pengalokasian memory sehingga program berjalan menjadi lambat
G. Bahasa Phyton
1. Sejarah
Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dari Amsterdam, Belanda. Pada awalnya, motivasi pembuatan bahasa pemrograman ini adalah untuk bahasa skrip tingkat tinggi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba. Bahasa pemrograman ini menjadi umum digunakan untuk kalangan engineer seluruh dunia dalam pembuatan perangkat lunaknya, bahkan beberapa perusahaan menggunakan python sebagai pembuat perangkat lunak komersial.
Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya. Python dapat digunakan dalam beberapa sistem operasi, seperti kebanyakan sistem UNIX, PCs (DOS, Windows, OS/2), Macintosh, dan lainnya. Pada kebanyakan sistem operasi linux, bahasa pemrograman ini menjadi standarisasi untuk disertakan dalam paket distribusinya.
2. Aplikasi bahasa phyton
Perangkat bantu shell. Tugas-tugas sistem administrator, program baris perintah.
Kerja bahasa ekstensi. Antarmuka untuk pustaka C/C++, kustomisasi
Pembuatan prototipe secara cepat/pembuatan sistem aplikasi. Prototipe yang dapat dibuang atau sesuai dengan permintaan.
Modul berdasarkan bahasa pemrograman. Pengganti dari penulisan parser khusus.
Antarmuka pengguna grafis. Penggunaan GUI API sederhana dan canggih.
Pengaksesan basisdata. Penyimpanan objek tetap, antarmuka sistem SQL.
Pemrograman terdistribusi. Penggunaan API mekanisme client/server terintegrasi.
Skrip internet. Skrip CGI, antarmuka HTTP, Aplet WWW, dan lainnya.
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan system aplikasi meningkat.
Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan fleksible.
Manajemen memori otomatis yaitu kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode
Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan system aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada
Pemrograman berorientasi objek
Pelekatan dan perluasan dalam C
Terdapat kelas, modul, eksepsi sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar secara modular
Pemuatan dinamis modul C sehingga ekstensi menjadi sederhana dan berkas biner yang kecil
Pemuatan kembali secara dinamis modul phyton seperti memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya
Model objek universal kelas Satu
Konstruksi pada saat aplikasi berjalan
Interaktif, dinamis dan alamiah
Akses hingga informasi interpreter
Portabilitas secara luas seperti pemrograman antar platform tanpa ports
Kompilasi untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah dan melindungi kode sumber
Antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar seperti perangkat Bantu system, GUI, persistence, database, dll
Kekurangan:
Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.
Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.
H. Bahasa Cobol
1. Sejarah
COBOL diciptakan pada tahun 1959. Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960. Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui pada tahun 1965. Bila suatu bahasa komputer tidak standar, dalam arti banyak versinya, maka menyulitkan pemakai untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi dari COBOL yang dipakai oleh komputer tertentu. Untuk mengatasi masalah hal ini, pada tahun 1968 dan 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute ). ANSI COBOL ini yang sekarang banyak diterapkan oleh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standardisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahsa ini sama.
2. Aplikasi bahasa COBOL
Untuk membuat aplikasi bisnis
Untuk pengolahan data dan database
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat.
Program COBOL sesuai untuk pengolahan data yang banyak diterapkan pada permaslahan .
Program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada komputer-komputer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.
Struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor, atau manajer-manajer yang hanya mempunayai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.
COBOL menyediakan fasilitas Listing Program, bilamana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programer.
Mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu
Problem Orientad Language
Kekurangan :
Operasi masukan dan keluaran yang masih kaku
Struktur penulisan program yang sangat kaku dan bertele-tele
I. Bahasa Basic
1. Sejarah
BASIC adalah beginner all-purpose symbolic instruction code dikembangkan tahun 1965 di Darmouth College oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya ditujukan untuk pengajaran dasar pemrogaman computer.
2. Aplikasi bahasa basic
Landasan pemrograman Visual Basic dan visual basic for aplication
Bahasa pemrograman pada banyak produk Microsoft seperti untuk administrasi dan otomatisasi batch skrip, windowskrip house.
Untuk pembuatan program kid Basic, FreeBasic, dan Gambas
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
Bahasa Basic tergolong bahasa serbaguna dan dapat digunakan di aplikasi apa saja.
Kekurangan:
Bahasanya kurang terstruktur
Tidak cocok untuk membuat aplikasi besar
Sintaksnya penuh dengan GOTO yang menyesatkan
Bahasa ini merupakan bahasa yang primitif di era DOS
J. Bahasa C++
1. Sejarah
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C
2. Aplikasi bahasa C++
Sebagai bahasa pemrograman di Windows, UNIX, Linux.
Visual C++ dapat dibuat aplikasi apa saja seperti database.
Bahasa untuk pembuatan system operasi, game, system kendali,pembuatan aplikasi
Untuk membuat bahasa baru atau membuat compiler bahasa baru
Untuk menulis komponen dan file-file pustaka bahasa lain
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
Merupakan induk dari bahasa pemrograman perl, php, phyton, visual basic, gambas, java, C#
Compiler bahasa C++ terdapat di semua platform
Untuk pengembangan visual dijejali dengan platform yang sangat banyak seperti OWL, MFC, Cocoa, QT, GTK, dll
Merupakan pemrograman berorientasi objek
Kekurangan:
Bahasa ini cukup sulit untuk dipel;ajari dan dipahami
Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai
Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer
Kelebihan dan kekurangan
Pada prinsipnya bahasa pemrograman itu mempunyai ALGORITMA dann LOGIKA yang sama. Pokok yang membedakan mungkin terletak pada :
1. Sintax dan grammar dari suatu bahasa pemrograman. misalnya bahasa C dan Basic. kedua bahasa ini memiliki Sintax dan Grammar yang jauh berbeda.
2. Cara pemrograman. Bahasa pemrograman sangat menentukan kaidah dasar yang dipakai dalam memrogram. Dewasa ini terdapat banyak sekali level dan metode pemrograman. Level pemrograman terdiri atas level hardware (dengan bahasa assembly) sampai ke level programin untuk neural network dan artificial inteligence. adapun Metode Pemrograman biasanya terbagi atas pemrograman tidak terstruktur (basic-a), pemrograman terstruktur (Pascal, C) dan pemrograman berorientasi object (C++, Visual Basic, dan lain-lain).
3. Platform. Pada saat ini terdapat banyak sekali alat, mesin yang menggunakan operating sistem (yang dikenal dengan nama "platform") yang beraneka rupa. Pada Handphone kita mengenal operating system berbasis JAVA atau SYMBIAN. Pada komputer kita mengenal WINDOWS, LINUX, FREE BSD, dan lain-lain. Setiap operating system mempunyai cara untuk menjalankan instruksi program yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, biasanya programer harus mengetahui program akan dijalankan diplatform mana sebelum ia melakukan pemrograman.
4. Object tambahan (Dinamic Libraries). Pada beberapa bahasa pemrograman berbasis object, kita bisa menggunakan object yang sudah dibuat sebelumnya kedalam program kita. Hal ini sering dimanfatkan guna mempercepat proses pemrograman. Object tambahan ini juga harus menjadi perhatian penting dalam pemrograman, terutama ketika kita akan merilis (deploy) program tersebut. Masalah yang sering timbul adalah ketidakberadaannya object library tersebut pada komputer klien yang menyebabkan program kita menjadi tidak dapat dijalankan.
5. Skup pengerjaan program. Ada beberapa bahasa pemrograman yang spesifik khusus untuk memecahkan suatu masalah, adapula bahasa yang dapat digunakan untuk memecahkan banyak sekali masalah. Contoh dari bahasa pemnrograman yang spesifik adalah SQL (hanya digunakan untuk manipulasi database), Flash Script (hanya untuk aplikasi berbasis FLASH), Fox Pro (hanya untuk pengembangan berbasis database fox pro) dan lain-lain. Contoh untuk yang general use adalah Visual Basic, C++, Java, Perl, dan lain-lain.
Tipe data :
MACAM TIPE DATA
A. TIPE DATA SEDERHANA (SIMPLE - DATA TYPE)
B. TIPE DATA TERSTRUKTUR (STRUCTURED - DATA TYPE)
C. TIPE DATA PENUNJUK (POINTER - DATA TYPE)
A. TIPE DATA SEDERHANA
(SIMPLE - DATA TYPE)
Adalah tipe data yang sudah ada dan dijadikan standar dalam bahasa pemrograman tertentu.
Isi dari tipe data sederhana ini adalah data-data tunggal.
TIPE DATA SEDERHANA
(SIMPLE - DATA TYPE)
1. STANDARD DATA TYPE
INTEGER
REAL
CHAR
STRING
BOOLEAN
2. USER-DEFINED DATA TYPE
ENUMERATED OR SCALAR TYPE
SUBRANGE TYPE
INTEGER
TIPE BILANGAN BULAT
Nama Tipe Jangkauan Ukuran Memori
Shortint -128 … 127 1 byte
Byte 0 … 255 1 byte
Integer -32768 … 32767 2 byte
Word 0 … 65535 2 byte
Longint -2147483648 … 2147483647 4 byte
R E A L
TIPE BILANGAN PECAHAN
Tipe Jangkauan Digit Ukuran
Single 1,5E-45 .. 3,4E+38 7-8 4 byte
Real 2,9E-39 .. 1,7E+38 11-12 6 byte
Double 5,0E-324..1,7E+308 15-16 8 byte
Extended 1,9E-4951..1,1E+4932 19-20 10 byte
Comp 9,2E-18 .. 9,2E+18 19-20 8 byte
TIPE BILANGAN REAL
Data yang termasuk bilangan real adalah data angka yang mengandung pecahan.
Data yang seperti ini akan memiliki keterangan jangkauan, jumlah digit penting (berarti) dan ukuran.
Digit berarti ini penting diperhatikan karena ini berhubungan dengan tingkat ketelitian data yang disajikan.
TIPE DATA KARAKTER
Tipe Keterangan
Char Berisi hanya 1 karakter diapit tanda petik (‘ ‘)
String Terdiri dari beberapa karakter
(maksimal 255) diapit tanda petik (‘ ‘)
String[x] Terdiri dari maksimal x karakter diapit tanda petik (‘ ‘)
TIPE DATA BOOLEAN
Adalah tipe data yang hanya bernilai benar (true) atau salah (false).
Jangkauan (nilai yang mungkin) hanya 2 yaitu true atau false.
Tipe Ukuran
Boolean 1 byte
Bool 1 byte
Wordbool 2 byte
LongBool 4 byte
USER - DEFINED DATA TYPE
SUB JANGKAUAN
Tipe sub jangkauan merupakan tipe data yang jangkauannya merupakan sebagian dari tipe data yang lain.
Misalnya untuk tipe byte memiliki jangkauan dari 0..255, sementara kita hanya memerlukan angka 1..12 untuk menampung data bulan. Maka bisa diciptakan satu tipe baru yang merupakan sub jangkauan tersebut.
Contoh
Type
Bulan : 1 .. 12 ;
B. TIPE DATA TERSTRUKTUR (STRUCTURED - DATA TYPE)
1. ARRAY (LARIK)
1. RECORD (REKAMAN)
1. FILE
1. SET (HIMPUNAN)
ARRAY (LARIK)
Larik adalah tipe data yang berisi beberapa data yang ditampung dalam satu variabel yang memiliki tipe data yang sama.
Masing masing data yang tertampung dalam sebuah larik akan ditandai sebagai elemen pertama sampai ke - n.
larik dapat dibuat beberapa dimensi, misalnya untuk menggambarkan matrix kita perlu menggunakan larik 2 dimensi.
RECORD (REKAMAN)
Tipe data rekaman di gunakan untuk menampung data yang terdiri dari beberapa tipe yang berbeda.
Record dapat diakses (diisi) dan dibaca per elemen record dengan menyebut nama elemennya.
SET (HIMPUNAN)
Tipe data himpunan merupakan sebuah tipe data yang didalamnya memuat sejumlah elemen (anggota) dimana anggotanya memiliki tipe data dasar yang sama.
C. TIPE POINTER
Pointer secara harfiah dapat diartikan sebagai penunjuk.
Tipe data pointer ini merupakan tipe data yang berisikan alamat memori dimana data disimpan
OPERATOR
MATEMATIKA
OPERATOR ARTI PRIORITAS CONTOH
* Kali 1 2 * 3 à 6
/ Bagi (Real) 1 7 / 2 à 3.5
DIV Bagi (Bulat) 1 7 DIV 2 à 3
MOD Sisa Bagi 1 7 MOD 2 à 1
+ Tambah 2 2 + 3 à 5
- Kurang 2 2 – 3 à -1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar